Kebakaran Hutan di Dieng Padam, 46 Hektare Lahan Hangus

0
195

KabarDetikNews.com, Banjarnegara – Kebakaran di hutan Petarangan di dataran tinggi Dieng dinyatakan padam. Namun petugas masih memantau lapangan dan mewaspadai terjadinya angin kencang.

“Titik api sudah padam tadi malam, tetapi saat ini masih ada asap dan bara api. Jadi potensi untuk kembali menyala masih ada. Makanya, saat ini petugas dan relawan terjun lagi untuk memastikan titik apa,” kata Ketua SAR Banjarnegara Aris Sudaryanto saat dihubungi detikcom, Kamis (24/10/2019).

Ancaman lain adalah adanya angin kencang yang bisa memmicu munculnya kembali titik api. Saat ini sebagai antisipasi, petugas dan relawan membuat parit.

“Meski sekarang angin sudah tidak seperti hari kemarin, sudah lebih normal. Tetapi meski demikian, angin menjadi salah satu yang kita waspadai,” kata Aris.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arief Rahman menambahkan puluhan hektare lahan hangus terbakar.

“Dampak lahan yang terbakar saat ini 46 hektare. Tetapi untuk jumlah pohon masih dihitung dan total kerugian masih dihitung,” ujarnya.

Diwawancara terpisah, Kapolres Banjarnegara AKBP Aris Yudha Legawa menambahkan polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran hutan Petarangan.

“Semua kemungkinan ada, tetapi saat ini masih dalam penyelidikan. Ada kemungkinan karena faktor alam,” kata dia.

Belum ada peringkat.

Berikan rating untuk post ini ?

Baca Juga:  Mahfud Md dan Moeldoko Terpental Gara-gara Prabowo