Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Urat

0
33

KabarDetikNews.com, Penyakit asam urat tinggi tidak selau disertai dengan gejala yang dapat dilihat. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi risikonya, yaitu dengan memilih makanan sehat dan menghindari makanan tinggi purin.

Berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk penderita asam urat dan bisa mencegah asam urat:

– Makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan gandum. Batasi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti roti putih, permen, cake, dan produk minuman manis.

– Hindari lemak jenuh. Lemak jenuh bisa diperoleh dari daging merah, ayam berlemak, dan produk susu tinggi lemak.

– Batasi protein. Batasi protein dari produk daging dan ikan. Protein bisa kamu dapatkan dari telur dan produk susu rendah lemak atau bebas lemak, seperti yogurt rendah lemak, susu skim, dan keju.

– Minum banyak air. Jangan lupa untuk minum yang banyak setelah makan. Minum banyak air dapat mengurangi pembentukan kristal asam urat dalam ginjal. Minum 1500 liter atau sekitar 8 gelas per hari sangat disarankan.

– Menjaga berat badan. Jika kelebihan berat badan sebaiknya kamu menurunkan berat badan hingga mencapai normal. Kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor risiko dari asam urat. Menurunkan berat badan juga dapat membantu mengurangi tekanan pada persendian.

– Mengonsumsi vitamin C. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi dapat mengurangi asam urat. Vitamin C dapat membantu mengurangi asam urat dalam tubuh melalui ginjal. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter berapa banyak kamu harus mengonsumsi suplemen vitamin C. Pasalnya kebutuhan tiap individu mungkin berbeda.

By
@Aa KDN

Belum ada peringkat.

Berikan rating untuk post ini ?

Baca Juga:  Sejumlah PR Besar Sri Mulyani, Sebagai Menteri Keuangan.