Cara Menghilangkan Tanda Lahir dengan Bahan Alami

0
21

KabarDetikNews.com, Jakarta Cara menghilangkan tanda lahir bisa dilakukan dengan perawatan medis atau menggunakan bahan alami. Keduanya diyakini efektif dalam menghilangkan tanda lahir kamu, walaupun cara menggunakan bahan alami belum terverifikasi.

Walaupun begitu, kamu patut mencobanya karena biasanya penggunaan bahan alami ini tidak menimbulkan efek samping yang berarti. Namun, jika kamu ingin lebih aman, tentunya memeriksakan ke dokter dengan perawatan medis akan lebih aman.

Menghilangkan tanda lahir biasanya dilakukan karena adanya pengaruh kesehatan yang terjadi dengan adanya tanda lahir tersebut. Selain mempengaruhi kesehatan, mempengaruhi penampilan juga menjadi salah satu alasan utama.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/11/2019) tentang cara menghilangkan tanda lahir secara alami

Jenis Tanda Lahir
Sebelum mengetahui cara menghilangkan tanda lahir, kamu tentunya harus mengenal dulu jenis-jenis tanda lahir. Tanda lahir terbagi menjadi dua jenis, yaitu tanda lahir pigmen dan tanda lahir vaskuler.

Tanda Lahir Pigmen

Tanda lahir pigmen muncul dikarenakan adanya kelebihan pigmen. Tanda lahir pigmen dibagi menjadi 3 jenis yaitu tahi lalat, bintik noda kopi susu, dan bercak Mongol (Mongolian spot). Tanda lahir berupa tahi lalat umumnya berukuran kecil, berbentuk bulat dan berwarna kecoklatan. Tanda lahir jenis ini biasanya tidak berbahaya, tapi perlu diwaspadai jika terasa gatal, berdarah, atau tampak berbeda dengan tahi lalat lainnya.

Pada tanda lahir berupa noda berwarna coklat muda atau hitam, umumnya berbentuk oval dengan ukuran kecil atau besar. Tanda lahir jenis ini mungkin akan memudar seiring dengan pertambahan usia.

Sedangkan, tanda lahir bercak Mongol biasanya berwarna biru kelabu dan muncul di bagian punggung dan bokong. Tanda lahir ini bisa membuat warna kulit menjadi lebih gelap, terkadang terlihat layaknya memar di tubuh. Bercak Mongol bisa memudar dengan sendirinya, namun bisa juga menetap seumur hidup.

Baca Juga:  Kawasaki Ninja ZX-25R 4 Silinder Muncul di Jepang, April 2020 Diboyong ke Indonesia?


Tanda Lahir Vaskuler

Tanda lahir vaskuler muncul karena terdapat pembuluh darah yang abnormal di bawah kulit. Tanda lahir vaskuler yang biasa ditemui adalah bercak makula, hemangioma, dan port-wine stain (nevus flammeus).

Pada tanda lahir bercak makula, ditandai dengan munculnya bercak berwarna kemerahan pada kulit. Umumnya tanda lahir ini ditemui di bagian dahi, kelopak mata, belakang leher, bibir bagian atas dan hidung.

Tanda lahir hemangioma muncul setelah bayi lahir. Tanda lahir ini ditandai dengan munculnya bercak seperti buah stroberi di permukaan kulit, meski ada pula yang tumbuh dibawah kulit dan berwarna ungu sehingga tampak bengkak dan menonjol. Umumnya hemangioma tidak berbahaya dan dapat menghilang perlahan di usia 5 hingga 10 tahun, namun kemungkinan meninggalkan bekas.

Kemudian tanda lahir port-wine stain atau nevus flammeus ditandai dengan munculnya bercak seperti warna minuman anggur yaitu merah muda hingga merah keunguan. Umumnya tanda lahir ini ditemui dibagian wajah namun bisa juga ditemui di bagian tubuh lainnya, dan cenderung menetap hingga dewasa.

Cara menghilangkan tanda lahir yang pertama adalah denagn perawatan medis. Berikut beberapa perawatan medis sebagai cara menghilangkan tanda lahir:

Kortikosteroid

Cara menghilangkan tanda lahir yang pertama adalah dengan kortikosteroid. Kamu dapat menyingkirkan tanda lahir vaskular (seperti hemangioma) dengan memakai kortikosteroid ini. Kortikosteroid memperlambat perkembangan dan mengurangi ukuran tanda lahir namun tidak benar-benar menghilangkannya.

Cara penggunaanya bisa dengan cara diminum, disuntikkan ke tanda lahir atau dioleskan ke permukaan kulit.

Propanolol

Selain kortikosteroid, kamu juga bisa mencoba propanolol sebagai salah satu cara menghilangkan tanda lahir. Propanolol merupakan salah satu obat untuk mengatasi masalah jantung.

Dengan dosis yang disesuaikan, obat ini ditengarai efektif dalam mengatasi tanda lahir hemangioma. Obat yang masuk ke dalam kelompok obat penghambat beta ini mampu menghentikan pertumbuhan sel-sel pada tanda lahir, bahkan memudarkan tanda lahir tersebut.

Baca Juga:  Oknum Satpol PP Jakarta Kuras Rp 50 M Duit ATM, Libatkan Orang Dalam

Operasi Laser

Cara menghilangkan tanda lahir berikutnya adalah dengan terapi laser. Tanda lahir yang muncul di bagian wajah seperti port-wine stain dan hemangioma dapat ditangani dengan terapi laser untuk memudarkan. Terapi laser juga mampu memudarkan warna bercak, mengecilkan atau menghentikan pertumbuhan tanda lahir.

Cara Menghilangkan Tanda Lahir dengan Bahan Alami
Kamu juga bisa mencoba cara menghilangkan tanda lahir dengan bahan alami. Walaupun belum terverifikasi, dengan berbagai bahan yang mudah didapatkan dan mudah dilakukan, kamu bisa mencobanya di rumah.

Air Perasan Lemon

Cara menghilangkan tanda lahir dengan air perasan lemon bisa kamu terapkan. Caranya dengan mengoleskan air perasan lemon pada tanda lahir selama 20 menit dan bilas. Ulangi beberapa kali dalam seminggu. Jangan gunakan lagi jika air perasan lemon tersebut menyebabkan iritasi pada kulit.

Larutan Yodium

Cara menghilangkan tanda lahir selanjutnya adalah dengan larutan yodium. Caranya tinggal dengan mengoleskan larutan yodium di atas tanda lahir sebanyak dua kali setiap harinya. Jangan gunakan larutan ini jika terjadi iritasi dan konsultasikan dengan dokter jika kamu mengalami masalah apa pun setelah menggunakannya.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah pelembap alami ampuh yang dapat menyembuhkan kulit dan membuat tanda lahir tampak lebih lembut dan halus. Oleskan minyak zaitun dengan bola kapas setidaknya tiga kali di atas tanda lahir, biarkan hingga kering atau bilas dengan air.

Jus Tomat

Selanjutnya, ada jus tomat yang memiliki khasiat memutihkan kulit dan dapat membantu memudarkan tanda lahir. Aplikasikan jus tomat yang sudah dihangatkan pada tanda lahir dan biarkan mengering. Ulangi beberapa kali sehari selama sebulan.

By
@AA KDN

Belum ada peringkat.

Berikan rating untuk post ini ?

Baca Juga:  Donita Merasa Jadi Liliput Ketika Show Bersama Model Bertubuh Tinggi